Monday, February 16, 2015

Pantai Labuhan Haji, Sisa-sisa Pelabuhan Besar di Saat Lalu

Apa sih peristiwa yang paling dinanti-nantikan beberapa wisatawan di pantai Labuhan Haji? Jawabannya yaitu Sunrise. Pantai Labuhan Haji yang terdapat di pantai timur Lombok ini adalah tempat yang sangatlah strategis untuk lihat keindahan peristiwa matahari terbit. 
Oleh karenanya, bila Anda datang ke Labuhan Haji selepas Subuh, jadi janganlah lupa untuk mempersiapkan kamera agar dapat mengabadikan peristiwa matahari yang barusan nampak dari peraduannya itu. Sesudah Anda senang nikmati peristiwa itu, jadi Anda dapat bersantai di pantai ini. Terkecuali Sunrise, peristiwa Sunsetnya juga sayang untuk ditinggalkan demikian saja. Cahaya jingga yang menyilaukan itu sangatlah menarik untuk diabadikan walau tak sebaik panorama saat matahari terbit. 

Histori Dari Pantai Labuhan Haji 

Menurut catatan histori, dulunya saat masa pendudukan Belanda serta Jepang, pantai ini adalah tempat warga muslim mengawali keberangkatan mereka menunaikan beribadah haji menuju Mekkah. Diluar itu, pantai ini dapat dulunya adalah pelabuhan yang cukup besar hingga pernah jadi saksi banyak pedagang China yang berkunjung serta menetap di daerah Lombok. Salah satu bukti dari peristiwa itu yaitu ada banyak kuburan China di Penedagandor walau sekarang ini jejak warga China telah tak diketemukan disebabkan hilang berbarengan terjadinya momen pemberontakan G30S PKI. 
Sisa-sisa dari kejayaan Labuhan Haji yang pernah jadi pelabuhan besar tempo dahulu bisa dipandang dari sebagian reruntuhan bangunan yang ada di sekitar pantai. Disana masih tetap ada papan nama kantor Syahbandar dan sebagian bangunan tua yang telah tak utuh lagi. Sekarang ini, pelabuhan itu sudah mati sampai jadi pantai yang kerap dikungjungi oleh warga setempat.



Untuk Anda yang suka pada histori, tentu bakal merasa mengasikan saat Anda nikmati situasi dahulu kala di pantai ini. Anda dapat berjalan-jalan di seputar pantai sembari beli beragam type minuman atau kudapan yang dapat diperoleh di warung-warung yang ada di sekitar pantai. Bila Anda merencanakan untuk nikmati pantai itu kurun waktu yang lama, jadi Anda dapat mencicipi masakan sea food yang banyak dijual di restoran–restoran seputar pantai. 

Ada suatu tubuh jalan yang dibangung di bibir pantai Labuhan Haji. Namun sangatlah disayangkan lantaran saat ini kondisinya sudah rusak kronis disebabkan terjadinya abrasi. Bila saja kondisinya masih tetap bagus jadi Anda dapat menitinya sembari melingkari pantai tua yang beradai di Lombok Timur itu. 

Hal Yang Dapat Anda Kerjakan di Pantai Labuhan Haji 

Labuhan Haji pada akhir minggu umumnya sangatlah ramai oleh pengunjung. Mereka bakal menggunakan saat untuk bersantai sesaat disana. Sebagian ada yang bermain air, sebagian lagi memancing ikan serta sebagian wisatawan yang lain bakal menolong beberapa nelayan untuk turunkan hasil tangkapan mereka. Disini sering berlangsung jual beli ikan lantaran kadang-kadang memanglah cukup kerap nampak kesibukan pasar ikan dadakan hingga beberapa penggunjung dapat beli ikan fresh hasil tangkapan beberapa nelayan. 

No comments:

Post a Comment